Cerita

Bandungnewsphoto.com | Rabu, 24 April 2013 | 19:51 WIB | 548
Cemas





Longsor Cililin Terjang Puluhan Rumah dan Timbun Belasan Warga


Hujan deras yang melanda wilayah Kabupaten Bandung Barat sejak Minggu (24/3/2013) lalu mengakibatkan puluhan rumah di Kampung Nagrok, Desa Muka Payung, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat diterjang tanah longsor.

17 warga meninggal tertimbun longsor, dan warga lainnya terpaksa mengungsi menghindari longsor susulan. Sebanyak 400 petugas dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) serta petugas kepolisian Kabupaten Bandung Barat langsung mengamankan titik longsor terbesar yaitu di Kampung Nagrok. Tak lama longsor berikutnya terjadi di Kampung Poncol, dan titik longsor yang terakhir yaitu Kampung Cikareo, tidak merengut korban jiwa.

Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama instansi terkait  melakukan pencariaan korban terbanyak di Kampung Nagrok dengan peralatan yang minim, karena medan yang cukup sulit untuk ditempuh oleh kendaraan berat. BNPB bersama Petugas Kepolisian, dibantu oleh warga setempat menggunakan peralatan seadanya berupa cangkul. Proses pencarian itu berlangsung hingga 1 minggu lamanya.

BNPB, tim SAR, TNI, Polri dan PMI mendirikan sejumlah posko logistik dan kesehatan untuk membantu korban yang selamat dari tanah longsor. Pemerintah provinsi jawa barat langsung mengucurkan bantuan berupa sembako serta dana bagi penanganan longsor di kabupaten Bandung Barat. Sedangkan Pemkab Bandung barat mengucurkan dana untuk pembangunan rumah warga yang rusak akibat diterjang longsor.

Tak hanya itu, bantuan berupa moril pun salah satunya datang dari Komedian Aming dan anggota dewan yang juga aktris Rachel Maryam menyempatkan mengunjungi anak-ank korban longsor untuk sekedar menghibur dan sedikit melupakan bencana yang mereka hadapi. BNP/Muhamad Wanda Saputro







Cerita Lainnya


Puncak Imlek di Klenteng An Tjeng Bio Indramayu

Konser Sejuta Cerita Coboy Junior Bikin Histeris Ribuan Comate Bandung

Masres, Kesenian Pelosok yang Berusaha Tak Terperosok