Info Berita



+  -
Bandungnewsphoto.com | Jumat, 31 Mei 2013 | 13:41 WIB | 398
Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013

Informasi Panitia Lokal Bandung SBMPTN 2013

Sehubungan dengan pelaksanaan kegiatan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013, kami Panitia Lokal Bandung SBMPTN 2013 bermaksud menginformasikan berbagai hal terkait. Atas perhatian dan bantuan Ibu/Bapak/Saudara dalam mensosialisasikan informasi penting ini, kami ucapkan terima kasih.

PESERTA SNMPTN YANG TIDAK LOLOS SELEKSI DAPAT MENGIKUTI SBNMPTN
Bandung, 28 Mei 2013. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 telah selesai dilaksanakan dan hasilnya dapat diketahui pada tanggal 27 Mei 2013 pukul 16.00 WIB. Peserta SNMPTN 2013 dapat mengetahui hasil seleksi dengan membuka laman http://www.snmptn.ac.id/hasil-seleksi.

Bagi peserta SNMPTN 2013 yang tidak lolos seleksi, masih memiliki kesempatan untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013  dengan melakukan pembayaran ke Bank Mandiri dan pendaftaran online di laman ujian.sbmptn.or.id hingga tanggal 7 Juni 2013 hingga pukul 22.00 WIB.


KAP SNMPTN DAPAT DIGUNAKAN PADA SBMPTN
Bagi peserta SNMPTN yang tidak lolos seleksi kemudian berminat untuk mengikuti SBMPTN, dapat menggunakan KAP SNMPTN untuk pendaftaran SBMPTN 2013. Pembayaran biaya SBMPTN 2013 dapat dilakukan di seluruh Cabang Bank Mandiri di Indonesia dengan menggunakan slip khusus pembayaran SBMPTN (Formulir Pembayaran Biaya SBMPTN).

Bagi calon peserta SBMPTN yang ingin menggunakan KAP SNMPTN, wajib menuliskan KAP SNMPTN yang dimilikinya dalam slip khusus pembayaran SBMPTN pada bagian “Bayar Tambahan”. Sedangkan bagi peserta SNMPTN dengan program Bidikmisi yang berminat mengikuti SBMPTN 2013 dapat langsung menggunakan KAP dan PIN SNMPTN yang diperoleh dari Bidikmisi untuk mendaftar di SBMPTN dengan membuka laman  ujian.sbmptn.or.id


 

PROGRAM BIDIKMISI SBMPTN
Bagi calon peserta SBMPTN 2013 yang ingin mendaftar program Bidikmisi, diimbau untuk segera melakukan pendaftaran karena Program Bidikmisi SBMPTN 2013 akan berakhir pendaftarannya pada Minggu, 2 Juni 2013. Untuk Informasi lengkap mengenai Program Bidikmisi, silakan buka laman http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id/

 

DAFTAR ULANG PESERTA SNMPTN YANG LOLOS SELEKSI
Bagi peserta SNMPTN yang lolos seleksi dan akan melakukan daftar ulang, pendaftaran ulang SNMPTN akan dilakukan pada tanggal 18-19 Juni 2013 di setiap PTN tempat peserta diterima sebagai calon mahasiswa baru. Perlu diperhatikan oleh setiap peserta yang lolos seleksi SNMPTN, bahwa jadwal pendaftaran ulang SNMPTN 2013 bersamaan dengan jadwal Ujian Tertulis SBMPTN 2013.


Teliti dan Hati-hati Saat Melakukan Pengisian Data
Diimbau kepada seluruh calon peserta yang melakukan pendaftaran SBMPTN 2013, untuk lebih teliti dalam membaca petunjuk pengisian data pada setiap laman pendaftaran. Untuk lebih jelasnya, calon peserta dapat membaca atau mengunduh petunjuk pengisian data melalui http://download.sbmptn.or.id/ pada menu download.

Hal ini patut diperhatikan mengingat banyak terjadi kesalahan dalam pengisian data yang akan menyulitkan calon peserta. Beberapa kesalahan data yang sering muncul antara lain, kesalahan “Upload Pasfoto”, kesalahan dalam mengisi pilihan “Program Studi”, kesalahan dalam mengisi “Kode Panlok”, kesalahan mengisi “Nama Peserta”, kesalahan pengisian “Tahun Masuk SMTA” dan atau “Tahun Lulus/Ijazah SMTA”, dan kesalahan pengisian butir “Cacat Fisik”.
- Untuk menghindari kesalahan dalam mengunggah foto, calon peserta dapat membuka laman http://download.sbmptn.or.id/ dengan memilih menu “Unggah Foto”.
- Untuk menghindari kesalahan dalam memilih program studi, calon peserta dapat membuka laman https://sbmptn.or.id/ pada menu Daftar Prodi.
- Untuk menghindari kesalahan dalam pengisian kode panlok, calon peserta dapat membuka laman https://sbmptn.or.id/ dengan memilih menu Daftar Panlok.

Disarankan kepada calon peserta untuk memeriksa kembali data yang sudah diisikan sebelum melakukan persetujuan akhir dalam pendaftaran online. Kesalahan dalam pengisian data merupakan tanggung jawab calon peserta.
 

Kebijakan dan Prosedur SBMPTN 2013 di Setiap PTN Berbeda
Pada tahun 2013 ini, di setiap PTN terdapat berbagai perubahan berkenaan dengan kebijakan dan prosedur dalam penerimaan mahasiswa baru, baik melalui Jalur SBMPTN maupun Jalur Mandiri. Oleh karena itu, bagi seluruh calon mahasiswa baru, disarankan untuk membuka setiap website PTN atau menghubungi pihak Humas PTN bersangkutan sebelum melakukan pendaftaran, guna mendapatkan kejelasan informasi yang dibutuhkan.

                                                                
Panitia Lokal Bandung Membuka layanan Informasi SBMPTN
Panitia Lokal Bandung SBMPTN 2013 membuka layanan informasi dan menyediakan brosur terkait SBMPTN di Kampus ITB, Jl. Ganeca No. 10 Bandung, Gedung Rotunda (Information Centre) setiap hari kerja (Senin-Jumat) mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB. Panitia Lokal Bandung SBMPTN 2013 juga membuka layanan bantuan/helpdesk pengisian pendaftaran online bagi calon peserta dengan membawa struk/formulir pembayaran dari Bank Mandiri, di mana di dalamnya tertera KAP dan PIN, serta membawa softcopy foto dengan pose resmi (seperti untuk keperluan dokumen resmi, KTP, ijazah, rapor, dll.). Panitia Lokal Bandung juga membuka layanan informasi melalui Twitter di @sbmptnbdg, Yahoo Messenger: sbmptnbdg, E-mail: sbmptnbdg@yahoo.com, dan telepon: (022) 2511999.