Info Berita



+  -
Bandungnewsphoto.com | Selasa, 06 Agustus 2013 | 13:06 WIB | 407
Bank Indonesia. BNP/Istimewa

Jadwal Kantor dan Operasional Sehubungan Libur Bersama Idul Fitri 2013

BANDUNG - Menjelang cuti bersama dan libur Hari Raya Idul Fitri 1434 H/Tahun 2013, bersama ini kami sampaikan beberapa kebijakan Bank  Indonesia sebagai berikut:

1. Operasional Terbatas
Pada tanggal 5 s.d. 9 Agustus 2013 seluruh Kantor Bank Indonesia tidak beroperasi.
Pengecualianadalah untuk kegiatan operasional pada tanggal 5 dan 6 Agustus 2013 yaitu untuk kegiatan BI-RTGS (Real Time Gross Settlement), SKNBI (Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia) dan layanan Kas untuk perbankan tetap beroperasi secara normal.Dengan tetap beroperasinyaBI pada tanggal 5 dan 6 Agustus 2013, maka jika terdapat kekurangan bank-bank dapat menarik uang di BI untuk pengisian ATM-nya.Untuk lokasi kantor cabang bank umum dan syariah yang beroperasi pada tanggal tersebut tergantung dari kebijakan internal masing-masing bank umum/syariah.

2. Layanan ATM Perbankan
Jumlah ATM yang dioperasikan di wilayah kerja KPw Bank Indonesia wilayah VI sebanyak 3.487 unit dengan penyebaran terbesar di Kota Bandung sebanyak 1.460 unit (41,87%). Jumlah tersebut diperkirakan akan dapat mencukup kebutuhan masyarakat terhadap uang tunai yang meningkat selama libur Hari Raya Idul Fitri.

3. Kegiatan Layanan Penukaran Uang
Layanan penukaran uang kepada masyarakat yang dilakukan oleh Bank Indonesia melalui kegiatan layanan penukaran uang terpadu di Lapangan Gasibu dan kegiatan kas keliling akan berakhir pada tanggal 5 Agustus 2013 di Rest Area Cileunyi.

4. Perkembangan Inflow dan Outflow Uang Kartal di Jawa Barat
Perkembangan per 1 Agustus 2013, realisasi total uang yang keluar dari Bank Indonesia (outflow) sebesar Rp5,32 triliun untuk wilayah kerja kas Kantor Perwakilan Wilayah VI (meliputi wilayah Bandung Raya, Kabupaten Garut, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Cianjur, Kota dan Kabupaten Sukabumi, serta Kabupaten Subang).

Sementara itu, jumlah uang yang masuk ke Bank Indonesia (inflow) mencapai Rp2,96 triliun. Besarnya outflow dibandingkan inflow tersebut merupakan fenomena musiman hari raya Idul Fitri.

5. Perkembangan Uang Palsu Di Jawa Barat
Rata-rata per bulan uang palsu yang ditemukan di Jawa Barat selama semester I-2013 sebesar 0,002 lembar setiap 1 juta lembar. Sementara itu, pada tahun 2012, rata-rata per bulan uang palsu yang ditemukan mencapai 0,002 lembar per juta lembar. BNP/Bank Indonesia Wilayah VI