Info Berita



+  -
Bandungnewsphoto.com | Kamis, 22 Agustus 2013 | 14:39 WIB | 398
BNP/Istimewa

Bawaslu Harus Bersinergi Dengan Berbagai Pihak Terkait

BANDUNG - Pangdam  III/Siliwangi Mayjen TNI Sonny Widjaja menerima audiensi jajaran Pengurus Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Barat di Ruang Bina Yudha Makodam III/Siliwangi Jalan Aceh 69 Bandung, Rabu (21/8).
 
Pengurus Bawaslu Provinsi Jawa Barat yang beraudiensi berjumlah enam orang dipimpin langsung oleh ketuanya Drs. Harminus Koto serta didampingi lima staf anggotanya antara lain : Drs. H.M. Wasikin M., Yusup Kurnia, Drs. Elizar Barus, M.Si., S. Rachmat, dan Abrori, S.H., M.H.
 
Sementara itu Pangdam III/Siliwangi didampingi oleh Aspers Letkol Inf Abdurrahman, Waasintel Letkol Arh Eddy, Danpomdam Kolonel Cpm Wahyu Sapto Nugroho, Kakumdam Letkol (K) Chk Tetty Lubis, SH., Kapendam Kolonel Arm Benny Effendy, serta Pabandya Komsos Sterdam.
 
Dalam sambutanya Pangdam mengatakan pelaksanaan Pemilukada Gubernur dan Wagub Jawa Barat yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu sangat bagus, berjalan dalam suasana yang kondusif.
 
Semua itu dapat diwujudkan berkat peran serta dari semua pihak mulai dari para penyelenggara Pemilu seperti KPU, Bawaslu, para calon kontestan dan  aparat keamanan bersama dengan warga masyarakat serta semua pihak terkait yang mampu bersinergi untuk menyukseskan rangkaian tahapan Pemilukada, sehingga suasana kondusif yang diidam-idamkan bisa terjaga dengan baik.
 
“Saya tidak melihat adanya budaya atau tradisi di Jawa Barat kalau Pilkada ribut, itu tidak ada. Kondisi ini akan menjadi contoh bagi wilayah-wilayah lain di luar Jawa Barat dalam menyelenggarakan Pemilukada,” ungkap Pangdam.
 
Suasana seperti itu menurut Pangdam harus dijaga dan dipelihara bahkan ditingkatkan lebih baik lagi dalam pelaksanakan Pemilukada yang akan berjalan di beberapa daerah di Jawa Barat terlebih dalam menyongsong tahun Pemilu pada 2014 yang akan datang.
 
Pangdam mengharapkan agar para penyelenggara Pemilu maupun pilkada, baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota termasuk didalamnya Bawaslu senantiasa menjalin kerjasama, koordinasi dan bersijerji dengan aparat keamanan dan kewilayahan di daerah, sehingga bila ada pihak-pihak yang berniat membuat kekacauan, mereka akan berpikir ulang karena melihat semua pihak solid dan bersinergi.
 
Yang paling pokok menurut Pangdam pelaksanaan Pemilu dalam berbagai tingkatan di Jawa Barat ini harus bisa berjalan dengan baik dan dalam suasana kondusif disertai dengan meningkatnya partisipasi masyarakat untuk juga turut menyukseskan Pemilu maupun pilkada yang dilaksanakan di daerahnya.
 
Pangdam juga akan mendukung agar setiap pemilu yang dilaksanakan di wilayah Kodam III/Siliwangi bisa berjalan lancar dan aman serta menjamin netralitas TNI dalam setiap pelaksanaan Pemilu maupun pilkada. BNP/Pendam Siliwangi